Sabtu, 31 Oktober 2009

Tips Meminta Maaf


Minta maaf ngga harus menunggu lebaran. Secara kalau kita membuat kesalahan kita pasti tidak akan nyaman dengan diri sendiri, bisa bisa jadi jerawat. Nah saya memutuskan untuk menulis artikel ini. Karena yah.. Pengalaman pribadi sebulan lalu waktu saya berantem hebat dengan adik. Nah, bagaimana dnegan anda? Anda menemukan tips saya ini karena sedang ada masalah dengan pacar? teman? atau teman kerja? Yuk mari bersihkan diri dan saling bermaafan dengan bantuan tips saya berikut ini

1. Sadarlah akan kesalahan anda
Mulailah dengan ucapan tulus dan langsung pada permasalahan. Ini membuat orang yang terluka mau menerima dan memaafkan. Dengan rela mengakui kesalahan dan bertanggung jawab, kata “dimaafkan” teman kita itu akan lebih mudah diucapkan.

2. Berikan penjelasan
Setelah mengaku, beri penjelasan pada orang yang telah anda sakiti. Yakinkan anda tidak bermaksud buruk.
Langsung minta maaf menunjukkan keseriusan anda.

3. Tawarkan kebaikan
Agar lebih sempurna, tawarkan mengganti kerugian yang terjadi walau hanya sebagai simbol.
Bisa juga dengan mengirim pesan atau hadiah kecil.

4. Pilih waktu yang tepat Untuk masalah besar, hadapi orangnya, tatap matanya dan beri penjelasan yang diperlukan.
Di kantor segeralah minta maaf sebelum bos atau klien menyadari kesalahan anda. Hal ini membuat anda tampak lebih teliti. Hindari minta maaf saat seseorang sedang marah. Karena bisa tak diterima. Jangan ikut marah. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian. Saat itu kemarahannya pasti sudah berkurang.

Fayza (http://intipsaja.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar