Rabu, 13 Oktober 2010

3 Kisa Ajaib 33 Penambang Chile Dalam Tanah


Hampir 3 bulan 33 penambang Chili ini terperangkap jauh di bawah tanah. Kini satu per satu mereka diangkat ke permukaan dengan selamat. Ada sambutan haru penuh rasa syukur atas jiwa yang selamat. Banyak kisah menarik selama 69 hari terkubur hidup-hidup di kedalaman lebih dari 600 meter di bawah tanah. Berikut 3 kisah dramatis.

Barricos: Ketuhuan Selingkuh

Yonni Barrios, penambang berumur 50 tahun. Saat terjebak di bawah tanah, istri Barrios harus dihadapkan pada kenyataan pahit. Suaminya itu ternyata memiliki wanita simpanan!

Perselingkungan Barrios terbongkar setelah Marta Salinas (56), istri Barrios, bertemu dengan wanita lain yang juga tengah berada di lokasi pertambangan untuk mendoakan Barrios.

WIL bernama Susana Valenzuela tersebut mengaku berkenalan dengan Barrios lima tahun silam. Kepada wartawan, Valenzuela mencetuskan, Barrios berencana meninggalkan istrinya untuk menikahi dirinya.

"Kami jatuh cinta. Saya akan menunggu dia," ujar wanita itu pada harian The Sun. Namun istri Barrios, Salinas, bersikeras bahwa suaminya mencintai dirinya.

"Dia suami saya. Dia mencintai saya dan saya istri setianya," ujar Salinas. "Wanita lain itu tidak punya legitimasi," tandasnya.

Entah bagaimana kelanjutan biduk rumah tangga Barrios dan Salinas setelah penambang itu diangkat ke permukaan nantinya.

Ticona: Jadi Ayah
Selain kisah perselingkuhan itu, ada pula kisah bahagia penambang yang dikaruniai anak saat dirinya terperangkap jauh di bawah perut bumi. Istri Ariel Ticona (29) melahirkan bayi perempuan pada 14 September lalu.

Ticona bisa menyaksikan kelahiran istrinya melalui video yang dikirimkan lewat lubang bor kecil yang selama ini menjadi media penghubung para penambang dengan dunia luar. Ticona menamakan bayinya Esperanza yang berarti "harapan."

Claudio Acuna: Ulang Tahun
Ada pula Claudio Acuna yang terpaksa berulang tahun di bawah tanah pada 9 September lalu. Menurut Telegraph, Rabu (13/10/2010), istri Acuna mengirimkan hadiah kaos bola untuk pria berumur 56 tahun itu.

Dari 33 penambang, Jimmy Sanchez merupakan yang termuda. Pria berumur 19 tahun itu baru lima bulan bekerja sebagai penambang. Dia memiliki seorang bayi perempuan. Penambang tertua adalah Mario Gomez yang berusia 63 tahun.

Para penambang itu terperangkap menyusul runtuhnya tambang emas dan tembaga San Jose di utara Chili pada 5 Agustus lalu. Ini prestasi bertahan hidup di bawah tanah yang belum pernah terjadi di zaman modern ini.

Selama ini, satu-satunya kontak dengan dunia luar sejak awal Agustus lalu adalah melalui lubang bor kecil. Melalui lubang itulah, makanan, air minum dan barang-barang lainnya dikirimkan untuk para penambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar