Selasa, 19 Oktober 2010

3 Langkah Memulai Bisnis Online Anda


SEKARANG ini banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan dari rumah dengan waktu yang lumayan singkat. Ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang merasa terikat dengan rumah atau sibuk dengan urusan lain, misalnya pekerjaan di siang hari. Anda masih bisa mengembangkan usaha online. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Internet, Anda bisa mendapatkan uang dari usaha ini tanpa harus terikat ruang dan waktu.

Bisnis online Anda siap mendapatkan pembeli dalam waktu 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Meski terdengar mudah, bisnis ini tentu punya kesulitan-kesulitan tersendiri dibandingkan jenis bisnis lainnya. Jenis usaha lain bermacam-macam tergantung jenis komoditas barang dan jasa bisnis online yang ditawarkan.

Langkah-langkah persiapan:

1. Tentukan minat dan kemampuan Anda dan jadikan itu sebagai fokus. Dalam memilih jenis bisnis online, pertimbangkan minat dan kemampuan Anda. Memilih sebuah bidang yang telah akrab dengan Anda akan membuat usaha lebih mudah. Misalnya jika Anda familiar dengan bidang pertanian, akan lebih baik jika bisnis online Anda seputar jual beli hasil pertanian daripada usaha pakaian jadi atau makanan.
2. Menguasai seluk-beluk dunia internet sehingga tahu berbagai macam alternatif yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan memasarkan produk. Pengetahuan tentang jejaring sosial akan sangat bermanfaat.
3. Mendapatkan mentor yang dapat memberikan bimbingan. Mentor ini bisa Anda dapatkan dengan gratis atau berbayar. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa ikuti kursus mengenai bisnis online, tetapi jika dana tidak mengijinkan, bisa juga Anda menimba ilmu dari kenalan atau teman baik yang sudah terjun dalam bisnis serupa sebelum Anda.
4. Memiliki komputer atau notebook yang tersambung ke jaringan internet. Untuk memilih layanan koneksi internet, Anda bisa memilih dari banyak opsi yang tersedia di pasar. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.
5. Rencanakan bagaimana cara pembayaran yang akan ditempuh. Anda bisa menggunakan rekening bank khusus yang terdaftar atas nama Anda.
6. Buatlah blog atau situs usaha online Anda. Ini tidak wajib ada tetapi akan lebih memberikan kredibilitas bagi bisnis online Anda. Calon pelanggan akan lebih mudah melihat-lihat barang-barang yang Anda tawarkan di situs atau blog. Buatlah situs atau blog berbayar (dengan akhiran .com, .co.id, .web.id, dan sebagainya). Namun jika modal belum memungkinkan, buat sebuah blog gratis yang disediakan oleh blogger.com, wordpress.com, tumblr.com atau penyedia layanan blog gratis lain. Usahakan nama blog atau situs sesuai dengan nama bisnis Anda.

Langkah-langkah realisasi:

1. Jalankan dan update terus blog atau situs Anda. Buatlah penampilan yang sesederhana mungkin agar semua orang dapat melakukan pembelian tanpa harus merasa bingung.
2. Buatlah sebuah elevator pitch yang bisa menggambarkan secara singkat bisnis online Anda. Elevator pitch idealnya bisa diucapkan dalam waktu 30 detik atau 130 kata.

Langkah-langkah pemasaran:


1. Berpartisipasi dalam forum-forum yang membahas topik yang sesuai dengan bidang usaha Anda. Misalnya, ikutlah dalam forum jual beli Kaskus.us di mana Anda bisa melakukan jual beli secara online.
2. Ikut serta dalam mailing list yang sesuai dengan minat Anda.
3. Buatlah iklan di Facebook.Pembayarannya bisa melalui kartu kredit atau rekening Paypal.

Tantangan:

1. Bisnis online sering diidentikkan dengan penipuan (scams). Banyak orang yang masih berpikir bahwa transaksi online lebih rawan penipuan dari transaksi langsung.
2. Kesulitan dalam membayar dapat terjadi. Transaksi tunai agak jarang digunakan di dalam bisnis online. Transfer antarbank lebih banyak ditemui. Jadi jika pelanggan Anda tidak memiliki rekening bank, pembayaran akan agak sulit dan memakan waktu.

Tertarik mencobanya?
Sumber:http://www.ciputraentrepreneurship.com

1 komentar: